Kamis, 29 Maret 2012

#TolakKenaikanBBM

Aksi massa melewati Taman Makam Pahlawan 


Pagi ini kami kembali berbaris, kembali turun kejalan dengan tuntutan yang sama, kembali mendengarkan suara megaphone di tangan kawan seperjuangan. Tolak Kenaikan BBM! Tuntutan yang seminggu ini terus di gaungkan oleh kawan mahasiswa yang masih perduli dampak kerakyat nantinya. Dampak yang telah dirasakan 2 minggu sebelum keputusan kenaikan BBM itu betul-betul disahkan oleh orang-orang berjas disana. Biaya bahan-bahan pokok sudah melonjak perlahan di pasaran. Silahkan bayangkan sendiri jika itu betul-betul naik. Sungguh memprihatinkan orang-orang diluar sana nntinya.

Kali ini banyak yang melakukan aksi yang serupa dijalanan. Ada yang melakukan pemblokiran jalan, teaterikal jalanan atau hanya sekedar menyampaikan orasi atas pernyataan sikap. Di Makassar sendiri, mungkin tak pernah absent menjadi sorotan media seminggu ini. dan puncaknya terjadi pada tanggal Kamis, (29/03) kemarin. Hampir sekitar 2000 mahasiswa dan gabungan organisasi yang lain bergabung memerahkan (Almamater merah=UNHAS) jalanan di Jalan Perintis Kemerdekaan. Dari kejauhan luar biasa ramainya siang itu. Gerakan hari ini menjadi sebuah gerakan Sekretariat Bersama (SEKBER) Perjuangan Rakyat Sulawesi Selatan.

merdeka.com

Aksi hari ini ingin menyampaikan beberapa pesan kepada mereka para pejabat di Senayan sana:
  1. Tolak kenaikan harga bahan bakar minyak
  2. Pangkas anggaran negara yang tidak penting
  3. Transparansi pendapatan negara dari sektor MiGas
  4. Perbaiki tata kelola dari sektor MiGas
Aksi ini juga ingin menyampaikan sebuah pesan kepada masyarakat pada umumnya:
Makassar tidak kasar!!!
Namun, pesan untuk masyarakat ini tidak terlalu tersampaikan karena kurangnya media yang ingin menyampaikannya. Tidak menjual mungkin menjadi alasan mengapa pemberitaan seperti ini tidak terlihat di media pemberitaan di kota ini.

Aksi hari ini hingga pukul 6 sore hari. Semua masih berjalan damai dan dengan peserta aksi yang ramai. Demonstrasi yang seperti inilah yang seharusnya merubah mindset masyarakat dan menjadi bukti bahwa demonstrasi tidak harus kasar atau anarkis. Demonstrasi adalah seni menyampaikan pendapat kepada masyarakat dan tidak membias kan pendapat itu nantinya dengan gerakan yang terkesan tidak perlu atau anarkistis. Anarkistis hanya mengalihkan perhatian masyarakat terhadap pesan yang ingin disampaikan ke gerakan spontan kita.


Long march kembali ke Unhas dari Fly Over

Semoga pesan-pesan yang tidak dibahasakan oleh media-media itu mampu terwakili dengan postingan ini. #MakassarTidakKasar #TolakKenaikanBBM

2 komentar:

  1. Balasan
    1. behh..
      massanya ekonomi paling banyak kmarin, kak..
      datng Q kemarin motret2?

      Hapus